Pencarian



 EKONOMI, KEUANGAN DAN BISNIS

 247 Artikel Pada Subjek


Artikel :


Pembingkaian Pesan dan Perubahan Fungsi Utilitas Konsumen Produk Ramah Lingkungan: Sebuah Rerangka Konseptual
Terbit :  2017-12-01
Description : Terdapat irisan yang besar antara teori ekonomi dan ilmu manajemen dalam hal perilaku konsumen. Banyak konsep teori ekonomi yang diterapkan dalam menganalisis perilaku konsumen. Perilaku konsumen sangat erat kaitannya dengan teori utilitas, yang merupakan salah satu teori penting dalam ilmu ekonomi. Konsumen cenderung memilih produk yang memberikan nilai utilitas atau manfaat yang maksimal. Berkaitan dengan isu keberlanjutan lingkungan hidup, konsumen diperhadapkan pada produk yang ramah lingkungan disamping produk konvensional yang ada. Masih rendahnya konsumsi produk ramah lingkungan dibandi...

Analisa Aktivitas Manajemen Strategi pada Industri Pariwisata Berbasis Digital
Terbit :  2017-12-01
Description : Aktivitas pariwisata terdiri dari beragam proses mulai dari regulasi pemerintah yang mendukung, pemilihan lokasi wisata yang baik, promosi lokasi wisata, hingga pada pelayanan kepada wisatawan. Konsep Manajemen Strategis mengakomodir hal tersebut dan Teknologi berperan membantu Industri Pariwisata untuk masuk ke era digital dimana segala proses bisa diintegrasikan dengan Internet. Pemilihan strategi yang tepat dapat mengembangkan Industri pariwisata di suatu wilayah dan memberi nilai tambah kepada stakeholder di wilayah tersebut. Seluruh unsur yang terkait dengan aktivitas manajemen strategi p...

Analisis Perkembangan Riset Pemasaran Tentang Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Perpindahan Layanan (Consumer Switching Behavior), Menggunakan Studi Literatur
Terbit :  2017-12-01
Description : Perilaku perpindahan pelanggan terjadi saat pelanggan meninggalkan layanan atau produk awal yang mereka gunakan dan menggantinya dengan produk atau layanan baru. Fenomena ini menarik untuk diteliti seiring dengan ketatnya persaingan dan perkembangan teknologi yang memunculkan banyak alternatif produk dan layanan untuk dipilih oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan riset di bidang perilaku perpindahan layanan yang dilakukan oleh konsumen. Metode yang dipergunakan adalah literatur review, yaitu dengan menganalisis jurnal yang terbit pada tahun 2010 sampai dengan...

Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt To Total Asset (DTA), Cash Ratio, Growth, dan Firm Size Terhadap Kebijakan Dividen
Terbit :  2017-12-01
Description : The purpose of this study is to examine the effect of Return on Assets (ROA), Debt to Total Assets (DTA), Cash Ratio, Growth, and Firm Sise on Dividend Policy. The population in this study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange period 2013-2016. While the sample of the study was determined by using purposive sampling, which obtained a number of 25 companies that qualify as research samples.Based on the analysis results can be seen that the Return on Asset (ROA) have a significant positive effect on dividend policy, Debt to Total Asset (DTA) and Cash Ratio (CR) have n...

Tinjuan Konseptual Aplikasi Balance Score Card Pada Perusahaan UMKM
Terbit :  2017-12-01
Description : Keselarasan tujuan organisasi dan individu dalam organisasi sangat penting untuk dapat meningkatkan kinerja organisasi. Pengukuran kinerja dalam strategi organisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan menggunakan Balance Score Card. Balanced Scorecard merupakan salah satu ukuran kinerja alternatif yang bertujuan untuk menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Diinspirasi oleh Kaplan dan Norton, konsep ini dikembangkan dalam empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tulisan ini membahas bagaiman melakukan p...

Strategi Manajemen Hijau Untuk Keunggulan Bersaing Berkelanjutan
Terbit :  2017-12-01
Description : Dalam era globalisasi, semakin banyak perusahaan-peruahaan berskala besar luar negeri yang masuk ke Indonesia. Kecenderungan ini mengindikasikan persaingan yang semakin tajam.Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, maka perusahaan harus memiliki kemampuan untuk membedakan dirinya dalam persaingan agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.Berdasarkan fenomena globalisasi, maka menjadi penting setiap perusahaan untuk memiliki cara berfikir stratejik, dengan menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan (sustainable competitive advantage/ SCA), agar dapat menjaga kelangsungan hidup...

Pengendalian Internal Bisnis Startup Indonesia: Sebuah Konsep
Terbit :  2017-12-01
Description : Maraknya perusahaan startup di Indonesia harus diimbangi dengan pengendalian internal pada sistem informasi yang digunakan. Apabila perusahaan tidak memiliki pengendalian internal yang baik, akan timbul resiko penurunan performa perusahaan seperti yang saat ini banyak dialami perusahaan retail. Adapaun kerangka pengendalian internal yang sudah populer digunakan konsultan sistem informasi untuk perusahaan besar yaitu kerangka COBIT, kerangka terintegrasi dan kerangka ERM. Namun, masih sedikit referensi untuk membuat pengendalian internal pada perusahaan kecil dan menengah, sehingga perusahaan r...

Value Creation Strategy in Tourism : An Islamic Perspective
Terbit :  2017-12-01
Description : The international tourism industry now is becoming an increasingly competitive marketplace. Understanding the needs, interests and behaviors of different tourist markets plays a critical role in support them to destinations. Given the fast growth in the number of tourists and despite the great Muslim population worldwide. It is important to develop appropriate marketing strategies. To develop tourism prospects sharia government could use such a marketing strategy, marketing for instance, marketing mix and segmenting, targeting and positioning (STP). The marketing mix is a set of marketing tool...

Strategi Penetapan Harga Dalam Rantai Pasok
Terbit :  2017-12-01
Description : Keputusan penentuan harga juga sering dilakukan dengan mengasumsikan apakah kondisi pasar/keadaan itu pasti (certainty) atau sebaliknya berada dalam sebuah ketidakpastian (uncertainty). Berbagai macam metode dan fungsi yang digunakan untuk menentukan harga untuk dua kondisi atau keadaan tersebut. Adapun metode-metode penentuanharga lebih banyak hanya berdasarkan informasi saja. Salah satu tanggung jawab seorang manajer pemasaran adalah menetukan harga produk atau lini produk dalam lingkungan strategi harga yang dinamis. Bentuk fleksibilitas semacam itu dimaksudkan agar strategi yang dianut mam...

Barriers to Small Business and The Possibility of Interrelationship to Business Angels
Terbit :  2017-12-01
Description : Paper ini bertujuan untuk mengatahui berbagai hambatan bisnis kecil untuk tumbuh dan berbagai kemungkinan untuk menjadi bisnis angels sebagai alternatif untuk memperoleh sumber pendanaan. Serta mengetahui berbagai kebijakan di negara berkembang terhadap sektor usaha kecil dan bisnis angels. Keywords: Teknologi Komunikasi, Value Creation, Role of Government